Jumat, 23 September 2016

Membuat Database dan Tabel dengan PHPMyadmin

Sebelum memulai membuat website dan mengelola database, kita akan menyambungkan PHP dan MySQL. Dalam tutorial ini saya memakai XAMPP v3.2.2 sebagai server PHP dan MySQL. Bagi yang belum punya XAMPP, agan bisa download disini. dalam file tersebut sudah termasuk PHP dan MySQL, jadi agan tinggal install dan pakai. jika agan sudah download dan install XAMPP nya, Mari kita mulai tutorialnya
  1. Buka XAMPP


  2. Aktifkan PHP dan MySQL


  3. Buka browser favorit agan, dan ketik : localhost/phpmyadmin


  4. jika ada permintaan login isi username : admin, password : (kosongi saja). kebetulan di PC saya sudah saya simpan loginnya jadi langsung masuk ke halaman PHPMyadmin

  5. Pada halaman phpmyadmin klik New


  6. Akan keluar form pembuatan Database, isi form input di bawah tulisan buat basis data dengan nama database yang agan inginkan, dalam tutorial ini saya pakai nama Tutorial, klik buat


  7. Setelah proses di atas, agan akan melihat nama database agan di tree view sebelah kanan, dan agan otomastis masuk ke database agan yang baru tersebut, dalam tutorial ini saya masuk ke database Tutorial. Karena dalam database Tutorial tidak ditemukan tabel, maka agan diharuskan untuk membuat tabel baru.


  8. Masukkan nama tabel yang agan inginkan pada form input di bawah tulisan buat tabel,dalam tutorial ini saya pakai nama User. Jangan lupa isi jumlah kolom yang diinginkan lalu klik kirim.


  9. Isi kolom yang saya tandai dengan lingkaran merah, minimal 3 isian tersebut yang harus di isi untuk bisa membuat tabel, kecuali beberapa attribut hanya membutuhkan 2 isian pertama. klik simpan.


  10. Setelah itu akan muncul tabel yang sudah agan buat.


  11. Yap akhirnya agan bisa bikin database dan tabel di mysql


Tidak ada komentar:

Posting Komentar